Jatah Dana Desa Untuk NTT Meningkat Tiap Tahun

Maumere, lingkar-desa.com- Sejak tahun pertama UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dilaksanakan, nilai Dana Desa yang dialokasikan ke NTT terus mengalami peningkatan. Di tahun 2016 jumlah Dana Desa untuk NTT adalah senilai Rp 1.849.353.802.000 sementara itu tahun 2017 senilai Rp 2.360.353.320.000. Pada tahun 2018 ini, NTT mendapatkan Dana Desa senilai Rp 2.547.533.383.000.

Jumlah tersebut diperuntukkan bagi kegiatan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan di 3.026 desa yang tersebar di seluruh NTT.

Meskipun demikian, pemanfaatan Dana Desa di NTT memiliki hambatannya tersendiri. Kepala Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa (PMD) Pemerintah Provinsi NTT, Flory Mekeng menyatakan keterlambatan pencairan Dana Desa merupakan problem rutin.

“Ada kendala yang sering kita temui di lapangan, yakni keterlambatan penetapan APBDes dan juga keterlambatan perbup┬átentang besaran dana desa untuk setiap desa,” kata Flory seperti dikutip dari kupang.tribunnews.com edisi Kamis (10/5/2018).

Keterlambatan tersebut diduga dikarenakan keterlambatan penetapan APBDes dan keterlambatan Bupati dalam menetapkan Perbup mengenai besaran Dana Desa.

Persoalan lain yakni memastikan Dana Desa dapat dimanfaatkan oleh rakyat pada level yang paling bawah. Terkait hal itu Penjabat Sementara Gubernur NTT, Robert Simbolon, dalam suatu kesempatan di Maumere belum lama ini menghimbau Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten agar lebih maksimal dalam pengelolaan baik dari segi kebijakan maupun aturan serta implementasi di lapangan.***(Are de Peskim)

Please follow and like us:

2 Comments

  1. Sangat membantu sebagai akses informasi masyarakat desa…

  2. Admin Lingkar Desa

    Amin.Terima kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

nineteen + 1 =