Inilah Dasar Hukum Pendirian Bumdes

Maumere, lingkar-desa.com- Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) atau yang lebih dikenal dengan akronim Bundes sudah ada sebelum adanya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Meskipun demikian, semangat mendirikan Bundes baru masif digalakkan setelah UU Desa hadir terutama dengan bergulirnya Dana Desa.

UU Nomor 32 tahun Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah memperbolehkan desa membentuk badan usaha. Pasal 213 ayat (1) berbunyi; “Desa dapat membentuk badan usaha milik desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa”. Selanjutnya, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2005 tentang Desa turut diatur mengenai Bumdes yakni pada pasal 78, pasal 79, pasal 80 dan pasal 81. Disebutkan tujuan pendirian Bumdes adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan desa. Selain itu, terdapat Permendagri Nomor 30 Tahun 2010 tentang BUM Desa.

Oleh karenanya, di beberapa daerah di Jawa, Bumdes sudah didirikan sebelum hadirnya UU Desa. Salah satu contoh misalnya di Kabupaten Gunung Kidul. Pemerintah setempat telah membentuk produk hukum daerah yang mengatur tentang Bumdes. Selain Gunung Kidul, Pemda Bantul, Sleman, dan Kulonprogo juga turut membentuk produk hukum yang mengatur pembentukan Bumdes.

Meskipun demikian, perlu diakui bahwa kehadiran UU Desa menjadi spirit baru kelahiran Bumdes. Pasal 87, Pasal 88, Pasal 89, dan Pasal 90 khusus mengatur mengenai Bumdes. Pengaturan lebih lanjut diturunkan dalam Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 tentang Bumdes walaupun sebelumnya telah ada Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Keuangan Desa yang tidak secara implisit menyebutkan Bumdes.

Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 tersebut diantaranya mengatur tentang pendirian Bumdes, pengurusan dan pengelolaan Bumdes serta organisasi pengelola Bumdes. Selain itu, turut diatur perihal modal, klasifikasi jenis usaha, kepailitan, kerja sama Bumdes antar desa.*** (Are de Peskim)

Please follow and like us:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

seventeen + six =