Desa Kloangpopot Mulai ‘Buka-Bukaan’ Soal APBDes

Maumere, lingkar-desa.com- Transparansi menjadi prinsip penting dalam pembangunan desa. Mandat UU Nomor 6 Tahun 2014 ini juga dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kloangpopot dengan ‘buka-bukaan’ soal APBDes.

Pada Selasa, 16/10/2018 Pemdes Kloangpopot meluncurkan APBDes Kloangpopot Tahun Anggaran 2018. Peluncuran ditandai dengan pemukulan gong dan pemancangan baliho infografis ABBDes.

Kepala Desa Kloangpopot, Salveus Nadus mengatakan transparansi merupakan keinginan dan hak masyarakat. “APBDes harus dibuka kepada masyarakat sehingga bisa dikawal dan menghasilkan kegiatan yang baik serta berkualitas,” tegasnya.

Ditambahkannya transparansi pengelolaan APBDes tersebut merupakan komitmen Pemerintah Desa Kloangpopot ke depannya. “Ke depan tidak ada lagi kecurigaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan di desa,” ungkap Salveus.

Apresiasi diberikan oleh Ketua BPD Kloangpopot, Paskalis Riyanto Rotan. Menurut dia selama ini APBDes hanya diketahui oleh Pemdes dan BPD. “Bukan hanya masyarakat Desa Kloangpopot yang bisa mengakses ini melainkan juga masyarakat luar,” ungkap pria yang biasa disapa Yorik ini.

Senada dengan Yorik, perwakilan masyarakat, Benyamin Hung menyatakan pemasangan infografis mempermudah pengawasan masyarakat. “Dengan ini kami bisa tahu dan ikut mengawasi,” ujar Benyamin.

Yang menarik dari launching APBD ini adalah kehadiran anak-anak anggota Forum Anak Desa (Forades) dari SMPK Kloangpopot, SDK Kloangpopot dan SDI Wualadu.

Perlu diketahui APBDes Kloangpopot 2018 adalah sebesar Rp 1.361.174.563. Anggaran tersebut dialokasikan ke dalam 4 diantaranya untuk Penyelenggaraan Pemerintahan sebesar Rp 403.771.563 dan Pelaksanaan Pembangunan sebesar Rp 408.665.279.78. Selain itu, ada juga 2 item lain yakni Pembinaan Kemasyarakatan sebesar Rp 44.056.245.22 dan Pemberdayaan Masyarakat sebesar Rp 535.333.900.***

Please follow and like us:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

14 − 14 =