Mahasiswa UNIPA Kerja Nyata Perkuat Kerajinan Tenun Ikat Takaplager

Maumere, lingkar-desa.com- Mahasiswa Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere lakukan kerja nyata mendukung pengembangan kerajinan tenun ikat. Mereka memanfaatkan kesempatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama sebulan di salah satu desa di Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka tersebut.

Menurut salah satu mahasiswa, Leonardus Tunga, terdapat dua persoalan yang menghambat potensi kerajinan tenun ikat di Takaplager. Padahal sebagian besar perempuan Takaplager menjadikan tenun ikat sebagai sumber pendapatan keluarga di samping bertani.

“Ada persoalan antara lain manajemen kelompok yang belum memadai dan strategi pemasaran yang masih sangat tradisional,” ujar mahasiswa Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi yang juga merupakan anggota Polres Sikka tersebut.

Oleh karenanya mahasiswa KKN UNIPA menjalankan beberapa kegiatan yakni workshop bersama kelompok-kelompok tenun ikat setempat dengan menggandeng sejumlah lembaga.

Selain itu, mahasiswa juga membuat brosur, membuat fanpage dan website untuk memperkenalkan tenun ikat desa.

“Kami tidak mau disebut sekedar berkunjung ke Takaplager. Ini lah kerja nyata kami mahasiswa UNIPA sebagai bagian dari pengabdian kami kepada masyarakat khususnya masyarakat Desa Takaplager,” tegas Leonardus Tunga.* * * (Admin Lingkar Desa)

 

Share this article

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

sixteen + 19 =