Desa Jadi Tema Utama Anugerah Jurnalisme Warga (AJW) 2019

Maumere, lingkar-desa.com- Isu kesejahteraan desa jadi tema utama Anugerah Jurnalisme Warga (AJW) 2019. ‘Jer Basuki Mawa Desa’ atau ‘Tidak Ada Kesejahteraan Tanpa Desa’ mau menegaskan bahwa desa adalah hidup bangsa ini.

Dengan tema tersebut AJW 2019 membuka ruang pada upaya mengabarkan praktik baik dan inspiratif dari desa.

AJW 2019 ini selenggarakan oleh BaleBengong.id bekerjasama dengan Combine Resource Institute (CRI). Bale bengong.id merupakan media jurnalisme warga Bali yang dikembangkan dan dikelola oleh Sloka Institute serta Bali Blogger Community. Sementara itu, CRI adalah lembaga non pemerintahan yang fokus pada isu pengelolaan informasi.

Dikutip dari BaleBengong.id, AJW 2019 memperlombakan tiga kategori yakni Pewarta Warga, Media Warga dan Pegiat Literasi Digital. Ditambahkan media warga yang dimaksudkan adalah media jurnalisme warga dan media komunitas.

Khusus bagi Kategori Pegiat Literasi Digital, peserta tidak harus mendaftarkan diri tetapi dapat didaftarkan oleh orang lain. Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 2.500.000 dan beasiswa pelatihan membuat video di Bali. Untuk informasi lebih lengkap silahkan mengunjungi https://balebengong.id/ajw-2019-pembuka/.

Perlu diketahui, AJW telah diselenggarakan sejak 2016. AJW 2016 mengusung tema Menyuarakan Yang Tak Terdengar diikuti 44 karya (teks, foto, video, ilustrasi).

Selanjutnya AJW 2017 dengan tema Bhinneka Tunggal Media, Merayakan Keberagaman Indonesia Melalui Jurnalisme Warga diikuti 35 karya tersebar di 12 media komunitas selain BaleBengong (Bali).

Media-media tersebut yakni Lingkar Papua (Papua), Kampung Media (NTB), Kabar Desa (Jawa Tengah), Plimbi (Bandung), Kilas Jambi (Jambi-Sumatera), Tatkala (Buleleng-Bali), Nyegara Gunung (Bali), Nusa Penida Media (Klungkung-Bali), Sudut Ruang (Bengkulu), Peladang Kata (Kalimantan Barat), dan Noong (Bandung).

Sementaraitu, AJW 2018 mengangkat tema Mendengar Kabar Dari Akar. * * * (Admin)

Share this article

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

twenty − 13 =