GP AMBAL; Alat Pemuda Amfoang Barat Laut Untuk Bangun Kampung

Oelamasi, lingkar-desa.com- Elemen muda Kecamatan Amfoang Barat Laut tidak mau tinggal diam melihat kondisi kampung mereka. Mereka bersatu dalam Gerakan Pemuda Amfoang Barat Laut (GP AMBAL) untuk berpartisipasi membangun kampung.

Sempat vakum beberapa lama, GP AMBAL yang dulunya dibentuk oleh para mahasiswa Amfoang Barat Laut yang berkuliah di Kupang tersebut dihidupkan kembali. Pembentukannya melalui musyawarah pada Selasa, 16/7/2019 di Soliu.

Menurut Ketua GP AMBAL, Gusty Haupunu, Dana Desa menjadi fokus utama saat ini. “Kami ingin memastikan Dana Desa dikelola dengan efektif dan efisien sehingga berdampak bagi kesejahteraan rakyat,” tegasnya.

Salah satu aspek yang disoroti terkait Dana Desa adalah transparansi dalam pengelolaannya.

Beberapa waktu sebelumnya, Gusty dan kawan-kawan sempat memasang sejumlah baliho dan menyebarkan selebaran untuk mengajak rakyat mengawal Dana Desa.

Sekretaris GP AMBAL, Ello Taneo menyampaikan GP AMBAL dalam waktu dekat akan memproduksi dan menyebarkan regulasi-regulasi terkait pengelolaan Dana Desa kepada masyarakat. “Ini bentuk pendidikan supaya rakyat aktif mengadvokasi diri,” tegas Ello.

Sampai saat ini, GP AMBAL telah memiliki perwakilan di beberapa desa yakni Desa Soliu dengan koordinatornya Helmus Oematan, Desa Oelfatu dengan koordinator Ofri Tamelab, Desa Honuk dengan koordinator Fery Lake, dan Desa Faumes dengan koordinator Luther Taemnanu. Sementara itu, Desa Timah dan Desa Saukibe belum terdapat perwakilan.

Secara garis besar GP AMBAL akan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta advokasi hak-hak rakyat.* * * (Marko Akulas/Lingkar Desa)

Share this article

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

fifteen + 1 =