BOM Kangae; Mahasiswa Harus Kembali Ke Desa

Maumere, lingkar-desa.com- Pendidikan pada akhirnya harus mengabdikan diri pada kepentingan rakyat. Karenanya, mahasiswa sebagai elemen rakyat yang bisa beruntung bisa mengenyam pendidikan harus selalu mendekatkan diri pada rakyat.

Ketua Barisan Orang Muda (BOM) Kangae-Kupang, Yosef Moa Nong menegaskan mahasiswa harus kembali ke desa.

“Kita berasal dari desa dan karenanya kita wajib kembali ke desa,” ungkap mahasiswa FKIP Undana Kupang yang akrab disapa Arif ini kepada lingkar-desa.com pada Minggu, 21/7/2019.

BOM Kangae baru saja menyelesaikan live ini dari 19-21 Juli di Desa Tekaiku, Kecamatan Kangae. Live ini bertajuk Kemah Kerja Bakti Mahasiswa tersebut merupakan media mendekatkan diri pada masyarakat di Kecamatan Kangae.

Menurut Moa Nong desa membutuhkan peran serta anak-anak muda terutama mahasiswa dalam membangun desa. Sementara faktanya banyak orang muda lebih memilih bekerja di kota atau merantau pula seberang bahkan ke luar negeri.

Sementara itu, masyarakat desa di Kecamatan Kangae masih berhadapan dengan problem lama seperti kemiskinan akibat minimnya pendapatan, akses modal, dan kesehatan seperti akses air bersih.

Selama di berkunjung ke Desa Tekaiku, BOM Kangae melakukan beberapa kegiatan diantaranya diskusi dan sosialisasi dan beberapa kegiatan bersama Karang Taruna Desa Tekaiku.

BOM Kangae sendiri baru dibentuk pada Februari 2019 lalu dan merupakan wadah belajar dan berjuang bagi mahasiswa asal Kangae yang berkuliah di Kupang. * * *

Share this article

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

1 × 3 =