Sudah Ada Forum Difabel Di Desa Wolomotong

Bagikan!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Rapat pembentukan Forum Difabel Desa Wolomotong pada Jumat (21/8/2020) lalu di Kantor Desa Wolomotong (Foto: Dok. Pemdes Wolomotong)

lingkar-desa.com- Kaum difabel di Desa Wolomotong, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, kini sudah memiliki wadah sendiri. Pada Jumat (21/8/2020) lalu, Pemdes Wolomotong memfasilitasi pembentukan forum difabel di desa tersebut.

Pembentukan forum difabel tersebut melibatkan warga penyandang disabilitas, DPP Paroki Kloangpopot, Caritas Keuskupan Maumere dan Forum Difabel Sikka. Salah satu anak muda penyandang disabilitas, Yoland didaulat memimpin komunitas tersebut.

“Sesungguhnya ide ini tidak genuine datang dari kami. Ada teman-teman Caritas yang selama ini fokus menggarap isu penyandag disabilitas. Tentu kami menyadari ada juga kebutuhan dan kewajiban untuk mengadvokasi kepentingan kaum difabel di desa,” ungkap Penjabat Kepala Desa Wolomotong, Saverius Nong Pas belum lama ini.

Kata dia, bukan hanya di Wolomotong, di banyak desa kaum difabel memang belum mendapatkan tempat. Mereka jarang dilibatkan dalam pengambilan kebijakan atau pun perencanaan program. Demikian juga, minim sekali perhatian terhadap mereka.

“Kami ingin mereka bisa merencanakan dan mengusulkan kebutuhanb mereka sendiri. Semoga Dana Desa ini bisa dialokasikan untuk mereka misalnya untuk pelatihan keterampilan atau pemenuhan hakl-hak dasar mereka,” tandas Saverius.

Diperkirakan terdapat 60-an orang penyandang disabilitas di Desa Wolomotong. Saat rapat pembentukan terdapat 30-an penyandang disabilitas yang hadir.

Selanjutnya, forum dengan dibantu perangkat desa akan melakukan pendataan warga penyandang disabilitas beserta kebutuhan mereka masing-masing

Lebih jauh, menurutnya isu penyandang disabilitas ini perlu menjadi isu bersama oleh desa-desa lain di Kecamatan Doreng. Forum Musrenbangcam bisa menjadi ruang untuk mengusulkan anggaran yang berpihak pada mereka. * * *